Model menurut Littlejohn adalah representasi simbolis dari suatu benda, proses atau
gagasan/ide. Model sering digunakan untuk menggambarkan berbagai fenomena yang
terjadi dalam berbagai peristiwa dalam kehidupan manusia. Tidak terkecuali
peristiwa komunikasi.
MODEL adalah Representasi suatu fenomena baik nyata ataupun abstrak
dengan menonjolkan unsur-unsur terpenting dalam fenomenan tersebut.
Dalam peristiwa komunikasi model
digunakan untuk melihat faktor-faktor atau unsur-unsur yang terlibat dalam
peristiwa komunikasi, struktur yang terjadi dalam peristiwa komunikasi dan
peran yang dimainkan oleh masing-masing unsur.
Fungsi Model :
1. Melukiskan Proses Komunikasi
2. Menunjukan Hubungan Visual
3. Membantu menemukan dan
memperbaiki kemacetan komuni
Di dalam ilmu komunikasi sendiri ada tiga urutan kelompok model, yaitu:
1.
Model
dasar komunikasi, yang menggambarkan proses terjadinya peristiwa komunikasi, yaitu menggambarkan tentang unsur-unsur apa saja yang
terlibat dalam peristiwa komunikasi dan bagaimana masing-masing unsur saling
terkait membentuk suatu proses komunikasi. Adapun yang termasuk model dasar
komunikasi adalah model komunikasi intra pribadi dan antar pribadi dari
Barnlund; model komunikasi linear dari Lasswell: model komunikasi sirkuler dari
Osgood dan Schramm; model komunikasi Gerbner; Model komunikasi Riley and Riley;
model komunikasi Newcomb; model komunikasi Shanon dan Weaver; model komunikasi
DeFleur;
2. Model
pengaruh komunikasi, yaitu model yang menggambarkan bagaimana upaya komunikator
dalam mempengaruhi khalayak agar pesan yang disampaikan dapat diterima oleh
khalayak. Yang menjadi titik perhatian dari
model ini adalah pihak komunikator atau sumber penyampai pesan. Adapun termasuk
dalam model pengaruh komunikasi antara lain: model stimulus respon dari Dew
Flerur; model pengaruh psikkologis TV dari Comstock; model komunikasi dua tahap
dari Katz dan Lazarsfeld; model spiral kehening dari Noelle-Neumann;
3. Model
dampak komunikasi, dengan fokus utama pada dampak dari suatu peristiwa
komunikasi. Model ini menggambarkan bagaimana akibat atau dampak yang terjadi
pada diri khalayak setelah khalayak diterpa suatu pesan komunikasi. Dampak yang ditimbulkan bisa hanya sekedar terbentuknya
pengetahuan (kognitif) khalayak, bisa sikap (afektif) khalayak, atau bahkan
sampai terjadi perubahan perilaku ( konatif) pada diri khalayak.
0 comments:
Post a Comment