Powered by Blogger.

Saturday, April 5, 2014

PENGERTIAN KOMUNIKASI

     Kita sebagai orang yang berkecimpung dalam bidang komunikasi, tentu sangat tidak asing dengan istilah komuniaksi. Sering kita mendengar orang berkata ”sebaiknya hal itu dikomunikasikan terlebih dahulu”, ”itu diakibatkan karena adanya miss communication” dan sebagainya. Lalu, apa arti sesungguhnya dari komunikasi itu sendiri?. Banyak para ahli mendefinisikan komunikasi, namun secara garis besar yang dimaksud dengan Komunikasi adalah proses penyampaian pesan dari seseorang kepada orang lain. Dalam proses penyampaian pesan tersebut, terdapat beberapa unsur di dalamnya, yaitu sumber/komunikator/pengirim pesan, pesan yang dipertukarkan, saluran yang digunakan untuk menyampaikan pesan, penerima pesan/komunikan, dampak/efek yang diakibatkan karena adanya pertukaran pesan, umpan balik/respon yang diberikan terhadap pesan yang diterima, serta gangguan/noise yang mungkin muncul ketika proses komunikasi berlangsung.
     Bila kemudian unsur-unsur komunikasi tersebut menyatu dalam suatu kegiatan komunikasi, maka terbentuklah suatu proses komunikasi yaitu serangkaian tindakan yang terjadi secara berurutan dalam kurun waktu tertentu dan memiliki keterkaitan antara satu unsur dengan unsur lainnya. Namun demikian, tidak setiap proses komunikasi mempunyai unsur-unsur komunikasi yang sama jenisnya. Tergantung pada konteks terjadinya komunikasi.

Tujuan komunikasi dipandang dari kepentingan sosial :
  1. Berbagai pengetahuan umum tentang lingkungan sekitarnya
  2. Sosialisasi peran, nilai, kebiasaan terhadap anggota-anggota baru
  3. Memberi hiburan kepada warga  masyarakat, menciptakan bentuk-bentuk kesenian baru
  4. Pencapaian konsensus, mengontrol tingkah laku sosial.
Tujuan komunikasi dipandang dari kepentingan individu :
  1. Menguji, mempelajari dan memperoleh gambaran tentang realitas, kesempatan dan bahaya
  2. Memperoleh pengetahuan dan keterampilan untuk hidup bermasyarakatan
  3. Menikmati hiburan, rileks, melarikan diri dari kesulian hidup sehari-hari
  4. Menentukan keputusan/pilihan, bentuk sesuai aturan sosial
3 Akibat Komunikasi :
  1. Aspek Kognitif yaitu menyangkut tentang kesadaran dan pengetahuan.  Misalnya, menjadi sadar atau ingat, menjadi tahu dan kenal.
  2. Aspek Efektif yaitu tentang sikap atau perasaan. Misalnya, Sikap setuju atau tidak setuju, perasaan sedih, gembira, perasaan benci dan menyukai.
  3. Aspek Konatif yaitu menyangku perilaku atua tindakan. Misalnya, berbuat seperti apa yang disarankan atau berbuat sesuatu tidak seperti apa yang disarankan ( menentang )
 

0 comments:

Post a Comment