Powered by Blogger.

Tuesday, April 15, 2014

Struktur Pasar



Pasar persaingan sempurna pada hakekatnya mempunyai ciri-ciri sebagai berikut.
1.    Jumlah pembeli dan penjual sangat banyak.
2.    Barang yang diperjualbelikan adalah homogen.
3.    Setiap penjual maupun pembeli tidak mampu mempengaruhi harga barang (price taker).
4.    Terdapat informasi yang sempurna mengenai barang yang diperjualbelikan (perfect information).
5.    Pembeli dan penjual bebas untuk masuk dan ke luar pasar (no barrier to entry).

       Setiap perusahaan akan berusaha untuk memaksimumkan keuntungannya. Demikian pula pada pasar persaingan sempurna, perusahaan akan mencari tingkat output optimal yang akan memaksimumkan keuntungan perusahaan. Pada bagian ini akan dijelaskan bagaimana perusahaan akan memaksimumkan keuntungan dalam jangka pendek, di mana hal ini akan berkaitan dengan struktur biaya perusahaan jangka pendek.
Ada 2 pendekatan yang dapat dilakukan perusahaan untuk memperoleh keuntungan maksimum, yaitu dengan cara:
1.    mengurangkan pendapatan total dengan biaya total;
2.    mencapai kedudukan pada saat MR = MC


        Pasar persaingan tidak sempurna mempunyai perbedaan yang mendasar dengan pasar persaingan sempurna. Perbedaan tersebut terutama terletak pada jumlah perusahaan yang sedikit dalam menawarkan produk yang sama. Sementara jumlah perusahaan yang ada di pasar persaingan sempurna bisa sangat banyak. Oleh karena itu, kurva permintaan dari pasar persaingan tidak sempurna berbeda dengan kurva permintaan pasar persaingan sempurna.

Pasar persaingan tidak sempurna terdiri dari 3 jenis, yaitu berikut ini.
1.    Pasar Monopoli.
2.    Pasar Oligopoli.
3.    Pasar Monopolistik

        Pasar Monopoli merupakan pasar yang paling bertentangan dengan pasar persaingan sempurna. Ciri utama dari pasar monopoli adalah hanya terdapat satu perusahaan yang menawarkan suatu jenis barang atau jasa. Selain itu, barang yang ditawarkan tidak mempunyai barang pengganti atau substitusinya sehingga konsumen tidak mempunyai pilihan lain untuk membeli barang atau jasa tersebut pada perusahaan monopoli.

Untuk mendapatkan gambaran yang lebih jelas tentang pasar monopoli, dapat dilihat ciri-cirinya berikut ini.
1.    Hanya terdapat satu perusahaan yang memproduksi suatu barang atau jasa.
2.    Tidak terdapat barang pengganti yang mirip.
3.    Perusahaan lain sulit atau tidak dapat masuk ke pasar.
4.    Mempunyai kemampuan dalam menentukan harga pasar.

       Pasar yang paling sering terlihat dalam kenyataan adalah pasar monopolistik. Pasar ini mempunyai ciri di antara pasar persaingan sempurna dengan pasar monopoli. Ciri utamanya adalah sebagai berikut.
1.    Jumlah perusahaan tergolong banyak walaupun tidak sebanyak pada pasar persaingan sempurna.
2.    Barang yang diperjualbelikan mempunyai kegunaan sama tetapi berbeda corak (differentiated product).

       Pasar Oligopoli adalah pasar yang terdiri dari sangat sedikit perusahaan sepanjang jumlahnya lebih dari 1. Jika hanya terdapat 2 perusahaan yang memproduksi barang yang sama disebut dengan duopoly. Akibat dari sedikitnya perusahaan yang memproduksi suatu barang tertentu maka penentuan harga menjadi sangat penting.
Ciri dalam pasar oligopoli adalah produk yang dihasilkan banyak yang bersifat sebagai barang antara, dan merupakan industri di sektor hulu. Misalnya, produksi baja, semen, dan bahan baku plastik. Sektor hulu biasanya merupakan sektor yang memerlukan investasi modal tinggi (padat modal) sehingga diperlukan skala ekonomi yang tinggi agar dapat bertahan dalam industri tersebut. Akibatnya, jumlah perusahaan menjadi sedikit.

0 comments:

Post a Comment